Jumat, 07 Desember 2012

GURU ADALAH ORANG BESAR



 “Dunia Ini  Besar, Banyak Pekerjaan Besar yang  diselesaikan orang orang Besar Salah Satunya Anda Dengan Profesi Anda”

Dalam salah satu Kitab Suci kita pernah dengar , pertama  tama manusia disuruh Tuhan membaca, sewaktu lahir kedunia  kita tidak tahu apa apa , lalu seiring waktu  dengan banyak membaca kita menjadi pintar,  terampil    dan berpengetahuan,   dengan bekal itu diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan permasalahan  dunia  terutama untuk dapat mencukupi  memenuhi kebutuhan zahiriah Batiniah serta kebutuhan Material dan Spritual  yang seimbang , selaras dan serasi , cikal bakal terwujudnya Negara yang Tentram dan Damai . Berarti  dimanapun   sebesar apapun negaranya     pemerintah  harus  bertanggung  jawab agar penduduknya pintar, terampil  dan berpengetahuan ,tentu  dengan cara  memberikan pendidikan kepada rakyatnya , itulah “ Pekerjaan Besar “ pertama.

Di Indonesia umpamanya untuk  mengurus  Pekerjaan Besar seperti  Pendidikan diatas, pemerintah membentuk Kementrian Pendidikan Nasional,  lalu Kementrian Pendidikan Nasional pun  medelegasikan tugas tersebut  ke  Dinas Pendidikan kab/Kota   kemudian Dinas  Pendidikan  mengamanahkannya  kepundak para guru. Berarti seorang guru yang sedang membuat RPP, membuat Program Pengajaran, mengabsen siswa, menerangkan pelajaran didepan kelas, memeriksa latihan siswa, membuat soal, mengadakan Evaluasi , mengadakan Remedial, dan Pengayaan semua  itu mendidik siswa agar terbiasa belajar  dan membaca, dari hasil itulah diharapkan lahir generasi bangsa yang berkualitas  dunia dan akhirat. Oleh Karena guru  sedang mengerjakan  Pekerjaan Besar Pemerintah.   Maka Mohon Janganlah dipersulit Para Guru untuk Mendapatkan Tunjangan  Profesinya “  .

Setelah  kena serangan bom atom Nagasaki dan Hirosima , para petingi Jepang  pertanyaan pertama   yang ditanyakan  “ Berapa jumlah guru yang masih hidup ? ” , berarti  guru adalah orang besar  yang mengerjakan pekerjaan besar yang memang tidak apa apa berpenghasilan besar  dan jangan  ada mempersulit atau menghalanginya. Di salah satu negara besar di Eropa  terjadi krisis keuangan, satu satunya  anggaran yang tidak dipotong adalah  anggaran pendidikannya , berarti pekerjaan guru adalah pekerjaan besar  walau tidak tercatat dalam buku besar tapi janganlah sampai   guru menjadi kecil dimata masyarakat  gara gara harus turun kejalan  menuntut hak yang besar dengan kata kata yang  kasar. Wahai sahabatku para guru bekerjalah penuh pengabdian  kepada  Allah…..sebagai KhalifahNya……sebagai sesama HambaNya….Jadilah  guru yang  Rahmatan Lilalamin …..Allahu Akbar. 
(  Padang, 7 Desember 2012 . Drs.H.Adek Rustam, MM  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar